Metode Instalasi Sistem Operasi

Assalamu’alaikum..

Metode instalasi, mungkin untuk anda ada yang sudah tidak asing dengan Instalasi Sistem Operasi.. ternyata instalasi sistem operasi ada Metodenya juga loh.. langsung saja ya 🙂

 

Sebuah Sistem Operasi diinstal pada Harddisk dan simpan pada sebuah partisi disk. Metode Instalasi Sistem  Operasi adalah merupakan suatu cara yang digunakan untuk Menginstal Sistem Operasi/Operating System( disingkat OS). Metode yang dipilih untuk instalasi ini didasarkan pada sistem perangkat keras, OS yang diinstal, dan kebutuhan Anda.

Terdapat 4 cara/Metode dalam Instalasi Sistem Operasi, yaitu:

  1. Clean Install

Merupakan suatu metode yang digunakan jika OS sebelumnya tidak bisa d uprgade sehingga harus dilakukan penghapusan OS sebelumnya. Metode Clean Install ini dimana saat Instalasi OS akan menghapus semua data yang ada di partisi disk. Metode ini juga sering digunakan untuk tahap akhir pembersihan PC dari serangan Virus.

  1. Upgrade

Merupakan suatu Metode yang digunakan saat anda ingin menggunakan OS baru yang tingkat nya lebih tiggi dari OS yang digunakan sebelumnya (catatan kedua OS dalam satu Platform OS yang sama). Dengan metode Upgrade, sistem pengaturan konfigurasi, aplikasi dan data tetap tersimpan. Metode ini juga dapat dibilang Metode Memperbaharui atau MengUpgrade.

  1. MultiBoot

Merupakan metode yang memungkinkan anda untuk meginstal lebih dari satu OS. Setiap Os tersimpan dalam Partisi Disk tersendiri dan dapat memiliki file dan pengaturan konfigurasi sendiri. Pada Start-Up (saat komputer petama kali dinyalakan) anda akan disajikan dengan menu untuk memilih OS yang diinginkan. Catatan OS yang tersinstal tidak bisa dijalnkan bersamaan pada satu waktu, hanya satu OS yang dapat berjalan dan mengendalikan perangkat keras.

  1. Virtualisasi

Merupakan metode yang sering, bahkan selalu dgunakan dalam Pembelajaran. Metode ini memungkinkan beberapa salinan dari sebuah OS yang akan dijalankan pada satu set perangkat keras, sehingga menciptakan banyak mesin virtual. Karena metode ini tidak benar-benar Menginstal OS di Harddisk, maka kita tidak perlu takut akan kerusakan yang terjadi jika menggunakan sistem operasi Virtual. Software yang biasa digunakan untuk menginstal dengan Metode ini adalah Virtual Machine, Virtual Box atau VmWare dll.

 

Terimakasi atas kunjungannya. Semoga bermanfaat 🙂

Tinggalkan komentar